Strategi Pemasaran Dalam Masa Pandermi Covid 19


      Pada Desember 2019 di Wuhan, China digegerkan adanya virus corona atau Covid 19 yang saat ini menjadi pandermi global yang menjangkiti ratusan Negara di seluruh dunia dengan jumlah positif mencapai ratusan ribu orang termasuk Negara kita Indonesia . Virus yang bermula dari Negara China ini menyebabkan kepanikan di seluruh kalangan masyarakat. Berdasarkan data virus korona mulai memasuki dan mewabah di Indonesia pada bulan Maret tahun 2020 yang saat ini baik jumlah ODP PDP dan pasien positif semakin meningkat dan telah menjangkiti ribuan orang. Adanya pandermi virus corona ini menyebabkan terganggunya semua industry bisnis dari berbagai sector termasuk gangguan pada proses pemasaran yang cukup signifikan karena telah terjadi pembatasan pergerakan masyarakat serta banyaknya karyawan yang harus bekerja dari rumah karena anjuran dan intruksi dari pemerintah terkait peraturan perundang undangan tentang physical effidence
Adanya pandermi Covid 19 ini memberikan dampak yang besar diberbagai bidang baik politik, social, pariwisata, terutama pada perekonomian Indonesia. Tantangan perekonomian ini sangatlah besar. Masyarakat berada dalam kondisi waspada dan harus berhati hati dengan membatasi berpergian dan konsumsi yang tentunya berimbas pada transaksi jual beli di pasaran. Penyebaran Covid 19 yang cepat menyebabkan banyak bisnis mengalami penurunan secara drastis atau bahkan tidak mendapatkan pelanggan sama sekali karena pelanggan tidak boleh beraktivitas diluar rumah itu artinya mereka dibatasi untuk beraktivitas di luar rumah dan mereka hanya bisa stock barang kebutuhan nya sendiri. Adanya batasan keluar rumah dan karantina masing masing membuat pelanggan semakin terasing. Kondisi dan situasi seperti ini menekan para pebisnis untuk terus bertahan . akan tetapi keberlanjutan bisnis harus tetap dilakukan agar bisnis dapt dipertahankan. Mempertahankan bisnis yang berarti juga harus berusaha memperjuangkan penjualan produk memang tidak mudah dilakukan apalagi dalam krisis yang sedang berlangsung saat ini. Oleh karena itu hal ini perlu dilihat oleh para pebisnis ataupun pengusaha harus pandai melihat peluang dan menentukan strategi apa yang harus dilakukan disaat mewabahnya virus korona sedangkan penjualan juga harus tetap dilakukan .
Hal ini tentunya menjadi tantangan yang cukup berat bagi seorang pebisnis untuk kedepannya dalam menghadapi waba virus korona. Oleh karena itu sebagai seorang pebisnis harus memikirkan secara matang dan cermat apa yang harus dilakukan dan bagaimana supaya bisnisnya tetap bertahan dan berjalan ditengah sistuasi saat ini serta diperlukan suatu pemikiran yang cerdas mengenai strategi penjualan apa yang harus dilakukan untuk mencapai target dan segmen pasar . Untuk mengatasi semua ini tentunya perlu dilakukan perubahan pola strategi pemasaran yang tepat dan sesuai selama masa pandermi Covid 19 agar dengan kondisi saat ini tetap menjadi kesempatan dan peluang yang menguntungkan bagi para pebisnis atau pengusaha atau UKM. Di erra sekarang ini , penggunaan teknologi informasi akan menjadi soluis terbaik untuk membantu roda perekonomian UKM atau bisnis agar tetap berjalan. Selain bantuan modal, pemasaran melalui media online maupun media social menjadi jawaban dalam menyusun strategi pemasaran yang sekiranya tepat guna kelangsungan usaha saat ini dan masa akan datang.
Ada beberapa langkah ataupun strategi pemasaran ditengah pandermi virus corona saat ini diantaranya adalah sebagai berikut
  1. Media Online
Di erra milenial sekarang kehidupan manusia hampir tidak bisa lepas dengan aktivitas online atau internet. Hampir semua kalangan dan semua profesi pasti membutuhkan akses dan jaringan internet guna memudahkan aktivitas mereka termasuk juga pebisnis online. Pebisnis online atau pengusaha membutuhkan akses ke internet guna mencari pelanggan, mempertahankan pelanggan dan menjada pangsa pasarnya bahkan menambah target pasar. Tentu aktivitas online bisa digunakan sebagai suatu strategi pemasaran tertentu untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi. Selain itu dengan aktivitas internet setiap orang bahkan pebisnis dapat mengetahui apa yang menjadi trend sekarang apa yang menjadi kebutuhan konsumen saat ini yang tentunya hal ini dijadikan peluang dan alat untuk memproduksi barang atau jasa apa yang dibutuhkan konsumen , melalui media online juga dapat digunakan oleh pebisnis untuk mengetahui update berita bisnis dan juga sebagai alat promosi .
Kondisi saat ini ditengah mewabahnya virus Corona atau covid 19, pemerintah telah mengeluarkan peraturan perundang undangan guna mengintruksikan kepada semua kalangan masyarakat terkait physical effidence dengan work from home dan study from home dimana semua orang dilarang keluar rumah kecuali untuk hal hal yang penting dan mendesak sebagai perintah dari pemerintah guna meminimalisir penyebaran virus corona. Semakin meningkatnya pasien yang tekena virus corona, social distancing ini mengarahkan masyarakat mengurangi interaksi sosial nya dalam mengahadapi pandemic covid 19. Pengurangan innteraksi sosial ini guna pencegahan penyebaran virus dengan cara menjaga jarak interaksi. Dengan keadaan saat ini sudah pasti setiap orang lebih banyak waktu untuk mengakses berita berita dari media online. Hal ini tentunya menjadi peluang dan kesempatan bagi para pebisnis untuk memanfaatkan media online dan perkembangan teknologi informasi untuk tetap menjalankan bisnisnya dengan melakukan promosi dan iklan melalui media online. Misalkan kita punya usaha online shop bisa diiklankan di portal portal online yang mudah diakses oleh orang banyak, tentunya disini dengan menggunakan gambar ataupun video yang menarik perhatian orang untuk berkunjung di iklan kita.

  1. Media Sosial
Berdasarkan data survey jumlah pengguna internet di seluruh dunia diperkirakan sekitar kurang lebih 2,2 milliar orang dimana 82% dari populasi internet di dunia berusia lebih dari 15 tahun dan sudah menggukan situs situs jejaring sosial. Hal ini menjadi factor yang perlu diperhatikan oleh para pebisnis sebagai peluang untuk memulai bisnis online ditengah wabah virus yang melanda Negara kita yaitu melalui pemanfaatan media sosial sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis online. Media Sosial merupakan sarana bagi masyarakat baik untuk berkomunikasi mapun sebagai sarana atau alat untuk melakukan promosi guna menarik minat konsumen. Di tengah kondisi covid 19 saat ini, masyarakat dihimbau untuk mengurangi tatap muka dan aktivitas diluar rumah istilahnya social distancing , dalam hal ini media social menjadi salah satu channel utama pemasaran dalam mempromosikan produknya secara online guna memperluas jangkauan segmen dan target pasar.
Di tengah masa pandermi ini kebanyakan konsumen akan cenderung membeli barang dan kebutuhan yang mereka inginkan secara online , media sosial disini memiliki peranan yang cukup penting dalam kaitannya denngan alat promosi yang akan digunakan Misalkan kita sebagai pebisnis dapat memanfaatkan Instagram, WA, Line, facebook, Twitter untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk kita kepada masyarakat luas. Instagram meruapakan slah satu media sosial yang paling cocok untuk memromosikan barang dagangan kita secara online karena instagram dianggap paling menarik dan lengkap. Instagram juga mudah diakses dari ponsel cerdas dan sedang menjadi media sosial pendongkrak eksistensi paling tinggi di kalangan anak muda. Kelebihan medsos instagram ini adalah pertama adanya penjelasan informasi secara detail beserta list harganya di feed atau story instagram , kedua untuk visualisasi adanya foto dan gambar yang jelas, ketiga adanya testimony dan endorsement yang dapat menambah informasi dan meningkatkan keyakinan konsumen untuk membeli produk kita. Selain itu jika kita sebgai pebisnis online ingin bisnis kita lancer dan banyaknya viewer atau sekedar mengunjungi akun bisnis kita kuncinya adalah perbaikan dalam frekuensi posting di feed atau instastory yaitu harus terus update dan aktif dalam menginformasikan dan menawarkan produk, peningkatan endorsement di instagram juga daapt dilakukan agar follower akun bisnis bisa meningkat jumlahnya dan otomatis banyak yang melihat akun kita , jangan lupa juga tambahan desain feed atau template pada instagram harus ditata serapi mungkin dengan desain yang indah sehingga pengguna medsos disini akan penasaran dengan produk yang dijual, kemudian bisa ditambahkan promo promo pada produk tertentu dengan cara giveaway atau penggunaan hstag tertentu di instagram hal ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan secara online. Selain itu berinteraksi dengan para pelanggan juga menjadi salah satu trik yang bisa menarik pelangan untuk menaruh perhatian lebih pada bisnis kita.
Media sosial selanjutnya yang kebanyakan digunakan oleh para pebisnis online yaitu whatsapp dan line. Dua media sosial ini paling praktis dan banyak digunakan karena aplikasi juga mendukung untuk dilakukan promosi dagangan kita akan tetapi cakupan dan jangkauan orang nya mungkin kurang luas jika dibandingkan dengan instagram Karena segmen pasar medsos WA terbatas pada nomor yang kita simpan saja .namun ada beberapa kelebihan dari WA yaitu order pesanan terhadap produk melalui chatting dan fast respon, ada visualisasi berupa foto atau video yang dipajang di display picture, ada penjelasan detail mengenai produk dan prmosi melalui broadcast message bisa juga menggunakan grup WA untuk akses lebih mudah. Kemudian Media sosial yang juga tidak kalah dengan instagram adalah Facebook, banyaknya pengguna situs ini menjadikan peluang banyak pebisnis online untuk memanfaatkan fb sebaga media dalam mempromosikan produk nya agar dikenal banyak oleh masyarakat luas. Media sosial satu ini menjadi pilihan banyak orang untuk menjalin komunikasi dengan rekan atau keluarga. Penggunaan facebook sebagai media promosi diakui relative lebih mudah karena ada halaman bisnis disana yang kita bisa buat untuk akun bisnis kita. Tidak jarang juga bisnis yang sukses bermula dari mengenalkan produk mereka melalui facebook. Carany adalah pertama pastikan halanan utama facebook anda enarik konsumen karena hal ini menjadai salah satu daya Tarik tersendiri bagi para pengunjung situs akun bisnis anda dan memungkinkan pengunjung memberikan like atau kolom komentar, kedua jangan lupa untuk mengenali target dan segmen pelanggan denga mencari orang orang yang memiliki ketertarikan dengan halaman facebook anda. Dan yang terakhir buatlah konten sekreatif mungkin karena setiap bisnisnya ssebaiknya harus memiliki konsep sehingga perusahaan tidak asal menawarkan produknya secara terus menerus, tentunya konsumen akan merasa bosan ushaakan berikan konten yang menarik seperti gambar, tips atau trik dan quotes yang memotivasi konsumen agar tertarik dan membeli produk kita serta jangan lupa untuk terus update dan memposting produk baik di beranda fb maupun story.
Selain itu Twitter juga mejadi salah satu media sosial online yang banyak digunakan sebagai media bisnis online. Beberapa cara untuk memaksimalkan promosi dan pemasaran produk adalah dengan memperbanyak jumlah follower, mengirimkan tweet secara teratur, mempromosikan situs secara rutin dan mennentukan waktu posting tweet atau saling promo akun twitter dan mention influencer. Media sosial ini dapat dijangkau oleh pelanggan took online emanapun karena dengan ponsel cerdas mayarakat dapat dengan mudah mengaksesnya. Media sosial lain yang bisa digunakan adalah blog atau website website akan sangat membantu mempromosikan bisnis selama 24 jam karena dapat diakses oleh siapapun dan kapanpun. Caranya dengan memuat berbagai artikel seputas bisnis dan produk took online anda dan menunjukkan prestasi yang sudah diraih. Untuk semakin mengoptimalkan penggunaannya, banyak dari pebisnis online yang menggunakan blog atau website guna menarik lebih banyak pelanggan.
Media Sosial merupakan sarana yang cukup penting yang harus digunakan oleh para pebisnis online sebagai salah satu strategi pemasaran untuk memperluas jangkauan pasar dilihat dari semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat apalagi kebutuhan pada bidang kesehatan dan konsumen pun menginginkan akses secara mudah tanpa harus ke tempat penjualan Jadi inilah jawabannya pemanfaatan media sosial sebagai alat perantara untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan pelayanan yang nyaman dan kemudahan akses serta pembelian barang atau kebutuhannya yang bisa dilakukan secara online kapanpun dan dimanapun tanpa batasan waktu di tengah merebaknya pandermi virus corona ini . Media sosial dimanfaatkan setiap orang untuk mengakses apa saja dengan mudah dan nyaman, Sebagai pebisnis sebaiknya kita bisa mengiklankan produk atau jasa yang kita melalui platform media sosial seperti facebook, instagram, twitter, youtube dan lain lain dengan desain fitur yang bagus dan indah sehingga banyak pengunjung media sosial yang tertarik untuk melihat dan kepoin media akun bisnis online kita hal ini tentunya akan menjadi lading penghasilan bagi para pebisnis online jika mengetahui cara dan trik jitu pemasaran online melalui media sosial yang baik. Media sosial masih menjadi platform yang sangat menarik untuk dieksplorasi dalam kaitannya dengan bagaimana brand mengembangkan pemasaran melaluinya dan saat ini medsos menjadi trend pemasaran masa kini. Indonesia memiliki potensi yang besar seiring dengan pertumbuhan adopsi internet dan smartphone.
Dengan adanya media sosial kita dapat menginformasikan terkait produk kita dan menjawab complain atau keluhan pelanggan di berbagai platform informasi. Baik itu melalui website, email, media sosial, maupun pesan dalam aplikasi. Pendekatan seperti ini perlu dilakukan untuk mempertahankan pelanggan agar tidak beralih ke produk atau tempat lain yang menjual produk sejenis seperti bisnis kita. Contoh misalkan jika kita membuka bisnis online shop kemudian terjadi peningkatan permintaan produk tertentu pada bulan ramadhan akan tetapi produk kita kesulitan dalam mendapat stock karena penutupan produksi sementara, atau masalah lainnya maka hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi complain yaitu di media sosial jelaskan dan berikan informasi secar detail terkait perkiraan waktu pengiriman, beri alasan secara jujur kenapa produk smapai terlambat dalam proses pengiriman, dan beritahu secara jujur kendala yang kita alami selama proses produksi sampai pengiriman agar pelaggan mendapatkan kepastian.
Ada banyak manfaat yang kita dapatkan jika melakukan pemasaran melalui media sosial sebagai berikut, poin utama yaitu menarik minat konsumen. Sebagai pemilik bisnis kita bisa memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan konsumen baru melalui media sosial. Darisana kita bisa membangun dan menarik minat mereka melalui komunikasi yang efektif atau konten konten yang dibagikan. Untuk dapat mendapatkan respon yang baik dari masyarakat maka kita sebgai pebisnis harus memperhatikan cara pemasaran online yang efekif. Salah satunya adalah dengan memberikan konten yang mampu menjawab kebutuhan mereka, konten pun juga harus menarik isi konte harus bersifat mengedukasi para customer dan meyakinkan bahwa produk kita terbaik konten juga sebaiknya dapat berisi pertanyaan dan jawaban yang akan membantu customer menggunakan produk secara lebih baik. Melalui media sosial juga kita bisa mengetahui produk seperti apa yang dibutuhkan oleh konsumen bahkan kita bisa mengetahui trend dan persaingan produk yang ada di pasaran . Selain itu saran dan kritik yang diberikan pada kolom komentar pada media sosial bisa menjadi dasar bagi pemilik bisnis untuk mengembangkan produk terbaru serta penguna media sosial juga bisa menjadi seorang tester dan quality control yang baik bagi bisnis. Intinya pemasaran melalui media sosial mampu menjangkau pasar namun dengan biaya yang terjangkau. Bagi pemilik bisnis manfaat media sosial adalah sebagai media promosi yang murah dan mudah dalam menentukan segmen/target pasar sasaran.

Semoga Bermanfaat :)
Malang 

April 2020



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Usaha Perluasan Faktor Produksi

Konspirasi Rasa

Sampaikanlah Dariku Walau Hanya Satu Ayat