Strategi Pemasaran Dalam Masa Pandermi Covid 19
Pada Desember 2019
di Wuhan, China digegerkan adanya virus corona atau Covid 19 yang saat ini menjadi
pandermi global yang menjangkiti ratusan Negara di seluruh dunia dengan jumlah
positif mencapai ratusan ribu orang termasuk Negara kita Indonesia . Virus yang
bermula dari Negara China ini menyebabkan kepanikan di seluruh kalangan
masyarakat. Berdasarkan data virus korona mulai memasuki dan mewabah di
Indonesia pada bulan Maret tahun 2020 yang saat ini baik jumlah ODP PDP dan
pasien positif semakin meningkat dan telah menjangkiti ribuan orang. Adanya
pandermi virus corona ini menyebabkan terganggunya semua industry bisnis dari
berbagai sector termasuk gangguan pada proses pemasaran yang cukup signifikan
karena telah terjadi pembatasan pergerakan masyarakat serta banyaknya karyawan
yang harus bekerja dari rumah karena anjuran dan intruksi dari pemerintah terkait
peraturan perundang undangan tentang physical effidence
Adanya pandermi
Covid 19 ini memberikan dampak yang besar diberbagai bidang baik politik,
social, pariwisata, terutama pada perekonomian Indonesia. Tantangan
perekonomian ini sangatlah besar. Masyarakat berada dalam kondisi waspada dan
harus berhati hati dengan membatasi berpergian dan konsumsi yang tentunya
berimbas pada transaksi jual beli di pasaran. Penyebaran Covid 19 yang cepat
menyebabkan banyak bisnis mengalami penurunan secara drastis atau bahkan tidak
mendapatkan pelanggan sama sekali karena pelanggan tidak boleh beraktivitas
diluar rumah itu artinya mereka dibatasi untuk beraktivitas di luar rumah dan
mereka hanya bisa stock barang kebutuhan nya sendiri. Adanya batasan keluar
rumah dan karantina masing masing membuat pelanggan semakin terasing. Kondisi
dan situasi seperti ini menekan para pebisnis untuk terus bertahan . akan
tetapi keberlanjutan bisnis harus tetap dilakukan agar bisnis dapt
dipertahankan. Mempertahankan bisnis yang berarti juga harus berusaha
memperjuangkan penjualan produk memang tidak mudah dilakukan apalagi dalam
krisis yang sedang berlangsung saat ini. Oleh karena itu hal ini perlu dilihat
oleh para pebisnis ataupun pengusaha harus pandai melihat peluang dan
menentukan strategi apa yang harus dilakukan disaat mewabahnya virus korona
sedangkan penjualan juga harus tetap dilakukan .
Hal ini tentunya
menjadi tantangan yang cukup berat bagi seorang pebisnis untuk kedepannya dalam
menghadapi waba virus korona. Oleh karena itu sebagai seorang pebisnis harus
memikirkan secara matang dan cermat apa yang harus dilakukan dan bagaimana
supaya bisnisnya tetap bertahan dan berjalan ditengah sistuasi saat ini serta
diperlukan suatu pemikiran yang cerdas mengenai strategi penjualan apa yang
harus dilakukan untuk mencapai target dan segmen pasar . Untuk mengatasi semua
ini tentunya perlu dilakukan perubahan pola strategi pemasaran yang tepat dan sesuai
selama masa pandermi Covid 19 agar dengan kondisi saat ini tetap menjadi
kesempatan dan peluang yang menguntungkan bagi para pebisnis atau pengusaha
atau UKM. Di erra sekarang ini , penggunaan teknologi informasi akan menjadi
soluis terbaik untuk membantu roda perekonomian UKM atau bisnis agar tetap
berjalan. Selain bantuan modal, pemasaran melalui media online maupun media
social menjadi jawaban dalam menyusun strategi pemasaran yang sekiranya tepat
guna kelangsungan usaha saat ini dan masa akan datang.
Ada beberapa langkah ataupun
strategi pemasaran ditengah pandermi virus corona saat ini diantaranya adalah
sebagai berikut
- Media Online
Di
erra milenial sekarang kehidupan manusia hampir tidak bisa lepas dengan
aktivitas online atau internet. Hampir semua kalangan dan semua profesi pasti
membutuhkan akses dan jaringan internet guna memudahkan aktivitas mereka
termasuk juga pebisnis online. Pebisnis online atau pengusaha membutuhkan akses
ke internet guna mencari pelanggan, mempertahankan pelanggan dan menjada pangsa
pasarnya bahkan menambah target pasar. Tentu aktivitas online bisa digunakan
sebagai suatu strategi pemasaran tertentu untuk mendapatkan pelanggan lebih
banyak lagi. Selain itu dengan aktivitas internet setiap orang bahkan pebisnis
dapat mengetahui apa yang menjadi trend sekarang apa yang menjadi kebutuhan
konsumen saat ini yang tentunya hal ini dijadikan peluang dan alat untuk
memproduksi barang atau jasa apa yang dibutuhkan konsumen , melalui media
online juga dapat digunakan oleh pebisnis untuk mengetahui update berita bisnis
dan juga sebagai alat promosi .
Kondisi
saat ini ditengah mewabahnya virus Corona atau covid 19, pemerintah telah
mengeluarkan peraturan perundang undangan guna mengintruksikan kepada semua
kalangan masyarakat terkait physical effidence dengan work from home dan study from
home dimana semua orang dilarang keluar rumah kecuali untuk hal hal yang
penting dan mendesak sebagai perintah dari pemerintah guna meminimalisir
penyebaran virus corona. Semakin meningkatnya pasien yang tekena virus corona,
social distancing ini mengarahkan masyarakat mengurangi interaksi sosial nya
dalam mengahadapi pandemic covid 19. Pengurangan innteraksi sosial ini guna
pencegahan penyebaran virus dengan cara menjaga jarak interaksi. Dengan keadaan
saat ini sudah pasti setiap orang lebih banyak waktu untuk mengakses berita
berita dari media online. Hal ini tentunya menjadi peluang dan kesempatan bagi
para pebisnis untuk memanfaatkan media online dan perkembangan teknologi
informasi untuk tetap menjalankan bisnisnya dengan melakukan promosi dan iklan
melalui media online. Misalkan kita punya usaha online shop bisa diiklankan di
portal portal online yang mudah diakses oleh orang banyak, tentunya disini
dengan menggunakan gambar ataupun video yang menarik perhatian orang untuk
berkunjung di iklan kita.
- Media Sosial
Berdasarkan
data survey jumlah pengguna internet di seluruh dunia diperkirakan sekitar
kurang lebih 2,2 milliar orang dimana 82% dari populasi internet di dunia
berusia lebih dari 15 tahun dan sudah menggukan situs situs jejaring sosial.
Hal ini menjadi factor yang perlu diperhatikan oleh para pebisnis sebagai
peluang untuk memulai bisnis online ditengah wabah virus yang melanda Negara
kita yaitu melalui pemanfaatan media sosial sebagai strategi pemasaran untuk
meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis online. Media Sosial merupakan
sarana bagi masyarakat baik untuk berkomunikasi mapun sebagai sarana atau alat
untuk melakukan promosi guna menarik minat konsumen. Di tengah kondisi covid 19
saat ini, masyarakat dihimbau untuk mengurangi tatap muka dan aktivitas diluar
rumah istilahnya social distancing , dalam hal ini media social menjadi salah satu
channel utama pemasaran dalam mempromosikan produknya secara online guna
memperluas jangkauan segmen dan target pasar.
Di
tengah masa pandermi ini kebanyakan konsumen akan cenderung membeli barang dan
kebutuhan yang mereka inginkan secara online , media sosial disini memiliki
peranan yang cukup penting dalam kaitannya denngan alat promosi yang akan
digunakan Misalkan kita sebagai pebisnis dapat memanfaatkan Instagram, WA,
Line, facebook, Twitter untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk kita
kepada masyarakat luas. Instagram meruapakan slah satu media sosial yang paling
cocok untuk memromosikan barang dagangan kita secara online karena instagram
dianggap paling menarik dan lengkap. Instagram juga mudah diakses dari ponsel
cerdas dan sedang menjadi media sosial pendongkrak eksistensi paling tinggi di
kalangan anak muda. Kelebihan medsos instagram ini adalah pertama adanya
penjelasan informasi secara detail beserta list harganya di feed atau story
instagram , kedua untuk visualisasi adanya foto dan gambar yang jelas, ketiga
adanya testimony dan endorsement yang dapat menambah informasi dan meningkatkan
keyakinan konsumen untuk membeli produk kita. Selain itu jika kita sebgai pebisnis
online ingin bisnis kita lancer dan banyaknya viewer atau sekedar mengunjungi
akun bisnis kita kuncinya adalah perbaikan dalam frekuensi posting di feed atau
instastory yaitu harus terus update dan aktif dalam menginformasikan dan
menawarkan produk, peningkatan endorsement di instagram juga daapt dilakukan
agar follower akun bisnis bisa meningkat jumlahnya dan otomatis banyak yang
melihat akun kita , jangan lupa juga tambahan desain feed atau template pada
instagram harus ditata serapi mungkin dengan desain yang indah sehingga
pengguna medsos disini akan penasaran dengan produk yang dijual, kemudian bisa
ditambahkan promo promo pada produk tertentu dengan cara giveaway atau
penggunaan hstag tertentu di instagram hal ini merupakan salah satu cara yang
bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan secara online. Selain itu
berinteraksi dengan para pelanggan juga menjadi salah satu trik yang bisa
menarik pelangan untuk menaruh perhatian lebih pada bisnis kita.
Media
sosial selanjutnya yang kebanyakan digunakan oleh para pebisnis online yaitu
whatsapp dan line. Dua media sosial ini paling praktis dan banyak digunakan
karena aplikasi juga mendukung untuk dilakukan promosi dagangan kita akan
tetapi cakupan dan jangkauan orang nya mungkin kurang luas jika dibandingkan
dengan instagram Karena segmen pasar medsos WA terbatas pada nomor yang kita
simpan saja .namun ada beberapa kelebihan dari WA yaitu order pesanan terhadap
produk melalui chatting dan fast respon, ada visualisasi berupa foto atau video
yang dipajang di display picture, ada penjelasan detail mengenai produk dan
prmosi melalui broadcast message bisa juga menggunakan grup WA untuk akses
lebih mudah. Kemudian Media sosial yang juga tidak kalah dengan instagram
adalah Facebook, banyaknya pengguna situs ini menjadikan peluang banyak
pebisnis online untuk memanfaatkan fb sebaga media dalam mempromosikan produk
nya agar dikenal banyak oleh masyarakat luas. Media sosial satu ini menjadi
pilihan banyak orang untuk menjalin komunikasi dengan rekan atau keluarga. Penggunaan
facebook sebagai media promosi diakui relative lebih mudah karena ada halaman
bisnis disana yang kita bisa buat untuk akun bisnis kita. Tidak jarang juga
bisnis yang sukses bermula dari mengenalkan produk mereka melalui facebook.
Carany adalah pertama pastikan halanan utama facebook anda enarik konsumen
karena hal ini menjadai salah satu daya Tarik tersendiri bagi para pengunjung
situs akun bisnis anda dan memungkinkan pengunjung memberikan like atau kolom
komentar, kedua jangan lupa untuk mengenali target dan segmen pelanggan denga
mencari orang orang yang memiliki ketertarikan dengan halaman facebook anda. Dan
yang terakhir buatlah konten sekreatif mungkin karena setiap bisnisnya
ssebaiknya harus memiliki konsep sehingga perusahaan tidak asal menawarkan
produknya secara terus menerus, tentunya konsumen akan merasa bosan ushaakan
berikan konten yang menarik seperti gambar, tips atau trik dan quotes yang
memotivasi konsumen agar tertarik dan membeli produk kita serta jangan lupa
untuk terus update dan memposting produk baik di beranda fb maupun story.
Selain
itu Twitter juga mejadi salah satu media sosial online yang banyak digunakan
sebagai media bisnis online. Beberapa cara untuk memaksimalkan promosi dan
pemasaran produk adalah dengan memperbanyak jumlah follower, mengirimkan tweet
secara teratur, mempromosikan situs secara rutin dan mennentukan waktu posting
tweet atau saling promo akun twitter dan mention influencer. Media sosial ini
dapat dijangkau oleh pelanggan took online emanapun karena dengan ponsel cerdas
mayarakat dapat dengan mudah mengaksesnya. Media sosial lain yang bisa
digunakan adalah blog atau website website akan sangat membantu mempromosikan
bisnis selama 24 jam karena dapat diakses oleh siapapun dan kapanpun. Caranya
dengan memuat berbagai artikel seputas bisnis dan produk took online anda dan
menunjukkan prestasi yang sudah diraih. Untuk semakin mengoptimalkan
penggunaannya, banyak dari pebisnis online yang menggunakan blog atau website
guna menarik lebih banyak pelanggan.
Media
Sosial merupakan sarana yang cukup penting yang harus digunakan oleh para
pebisnis online sebagai salah satu strategi pemasaran untuk memperluas
jangkauan pasar dilihat dari semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat apalagi
kebutuhan pada bidang kesehatan dan konsumen pun menginginkan akses secara
mudah tanpa harus ke tempat penjualan Jadi inilah jawabannya pemanfaatan media
sosial sebagai alat perantara untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang
menginginkan pelayanan yang nyaman dan kemudahan akses serta pembelian barang
atau kebutuhannya yang bisa dilakukan secara online kapanpun dan dimanapun
tanpa batasan waktu di tengah merebaknya pandermi virus corona ini . Media
sosial dimanfaatkan setiap orang untuk mengakses apa saja dengan mudah dan
nyaman, Sebagai pebisnis sebaiknya kita bisa mengiklankan produk atau jasa yang
kita melalui platform media sosial seperti facebook, instagram, twitter,
youtube dan lain lain dengan desain fitur yang bagus dan indah sehingga banyak
pengunjung media sosial yang tertarik untuk melihat dan kepoin media akun
bisnis online kita hal ini tentunya akan menjadi lading penghasilan bagi para
pebisnis online jika mengetahui cara dan trik jitu pemasaran online melalui
media sosial yang baik. Media sosial masih menjadi platform yang sangat menarik
untuk dieksplorasi dalam kaitannya dengan bagaimana brand mengembangkan
pemasaran melaluinya dan saat ini medsos menjadi trend pemasaran masa kini.
Indonesia memiliki potensi yang besar seiring dengan pertumbuhan adopsi
internet dan smartphone.
Dengan
adanya media sosial kita dapat menginformasikan terkait produk kita dan
menjawab complain atau keluhan pelanggan di berbagai platform informasi. Baik
itu melalui website, email, media sosial, maupun pesan dalam aplikasi.
Pendekatan seperti ini perlu dilakukan untuk mempertahankan pelanggan agar
tidak beralih ke produk atau tempat lain yang menjual produk sejenis seperti
bisnis kita. Contoh misalkan jika kita membuka bisnis online shop kemudian
terjadi peningkatan permintaan produk tertentu pada bulan ramadhan akan tetapi
produk kita kesulitan dalam mendapat stock karena penutupan produksi sementara,
atau masalah lainnya maka hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi complain
yaitu di media sosial jelaskan dan berikan informasi secar detail terkait perkiraan
waktu pengiriman, beri alasan secara jujur kenapa produk smapai terlambat dalam
proses pengiriman, dan beritahu secara jujur kendala yang kita alami selama
proses produksi sampai pengiriman agar pelaggan mendapatkan kepastian.
Ada
banyak manfaat yang kita dapatkan jika melakukan pemasaran melalui media sosial
sebagai berikut, poin utama yaitu menarik minat konsumen. Sebagai pemilik
bisnis kita bisa memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan konsumen baru
melalui media sosial. Darisana kita bisa membangun dan menarik minat mereka
melalui komunikasi yang efektif atau konten konten yang dibagikan. Untuk dapat
mendapatkan respon yang baik dari masyarakat maka kita sebgai pebisnis harus
memperhatikan cara pemasaran online yang efekif. Salah satunya adalah dengan
memberikan konten yang mampu menjawab kebutuhan mereka, konten pun juga harus
menarik isi konte harus bersifat mengedukasi para customer dan meyakinkan bahwa
produk kita terbaik konten juga sebaiknya dapat berisi pertanyaan dan jawaban
yang akan membantu customer menggunakan produk secara lebih baik. Melalui media
sosial juga kita bisa mengetahui produk seperti apa yang dibutuhkan oleh
konsumen bahkan kita bisa mengetahui trend dan persaingan produk yang ada di
pasaran . Selain itu saran dan kritik yang diberikan pada kolom komentar pada
media sosial bisa menjadi dasar bagi pemilik bisnis untuk mengembangkan produk
terbaru serta penguna media sosial juga bisa menjadi seorang tester dan quality
control yang baik bagi bisnis. Intinya pemasaran melalui media sosial mampu
menjangkau pasar namun dengan biaya yang terjangkau. Bagi pemilik bisnis
manfaat media sosial adalah sebagai media promosi yang murah dan mudah dalam
menentukan segmen/target pasar sasaran.
Semoga Bermanfaat :)
Malang
April 2020
Komentar
Posting Komentar